Langsung ke konten utama

Nashirudin At-Tusi

Dofollow blog, page rank 1, SEO, valid HTML5, blogger trick, software, muslim content, DeezClanSIAPAKAH BELIAU ?

Beliau adalah seorang filsuf, teolog, matematikus, dan astronom. Beliau kurang dikenal dalam dunis Islam Sunni, termasuk di Indonesia, tetapi sangat dikenal di dunia Muslim Syi'ah. Ia lebih dikenal sebagai seorang teolog dan filsuf daripada sebagai seorang sufi. Tokoh ini terkenal karena berjasa membujuk Hulagu Khan (penguasa mogul; 1217-1265) untuk membangunObservatorium (teropong bintang) yang lengkap. Disana tersimpan banyak buku dan risalah hasil rampasan

bangsa Mongol dan Tartar dalam serbuan mereka ke Irak, Suriah dan daerah lain. Bagi orang Persia (iran), Nasiruddin dikenal sebagai "guru manusia".


'ALLAMAH HILLI

Nasiruddin dapat dipandang sebagai teolog terbesar Muslim Syi'ah. Atas kejeniusan serta kepakarannya, teologi Muslim Syi'ah mencapai puncaknya pada masanya. Pemikiran beliau terus berkembang baik di bidang teologi maupun filsafat.

Banyak dari antara para muridnya mengikuti jejak keilmuannya seperti 'Allamah Hilli, seorang penulis Muslim Syi'ah yang produktif, dan Qutubuddin asy-Syirazi (1236-1311) seorang ulama Muslim Syi'ah ahli astronomi, kedokteran, fisika, fisafat dan agama.



PENASIHAT HULAGU KHAN

Khwaja Nasiruddin di lahirkan di Tus (Khurasan, Iran) pada tahun 597 H / 1201 M. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar, beliau mempelajari berbagai cabang ilmu, antara lain fikih, usul fikih, kalam, filsafat, tasawuf, kedokteran, matematika dan musik (teori). At-Tusi mengawali karirnya sebagai seornag astronom.

Penyerbuan bangsa Mongol ke Khurasan pada awal abad ke-7 H (abad 13 M) terjadi ketika beliau menyelesaikan studinya di Nisabur. Ia lalu mendapat perlindungan dari Syi'ah Isma'illiyah, kemudian di pindahkan ke benteng Alamut (markas sekte hasyasyi'un pecahan dari Syi'ah Isma'iliyyah di Persia) sebagia tawanan perang.

Ketika bangsa Mongol merebut benteng Alamut, Khwaja Nasiruddin memainkan peran penting dalam penyerahan kekuasaan penguasa Isma'iliyyah, Rukn ad-Din Khursyah kepada Hulagu Khan. Sebagai imbalan atas tindakannya itu, Hulagu Khan mengangkat Khwaja Nasiruddin menjadi penasihatnya sampai penaklukan Baghdad pada tahun 657 H / 1258 M. Ia meninggal dunia di Baghdad pada tahun 672 H / 1274 M.



ZIJ-I IL KHANI

Selain terkenal dengan observatorium Maraghah, Nasiruddin terkenal pula dengan Zil-i Il Khani (tabel astronomi Ilkhaniyyah/tabel akurat gerakan planet). Para ahli astronomi lain juga ikut serta dalama penyusunan tabel ini. Perhitungan tabel ini di dasarkan pada posisi matahari tengah hari di kota Maraghah.

Nama tabel ini di ambil dari kata "Ilkhan", gelar kehormatan bagi Hulagu Khan. Tabel ini kemudian menjadi terkenal di seluruh Asia terutama di negri China, dan menjadi pegangan wajib para ilmu astronomi selama beberapa abad.

OBSERVATORIUM MARAGHAH

Jasa utama Khwaja Nasiruddin dalam pengembangan ilmu meliputi pembangunan sebuah Obesrvatorium di Maraghah, Azerbaijan. Pembangunan Observatorium itu dapat di lakuakn atas bantuan Hulagu Khan, penguasa Mogul.

Observatorium itu di lengkapi dengan alat yang paling baik pada masa itu. Di sana terdapat pula perpustakaan besar. menurut Ibnu Syakir, seorang ahli sejarah, koleksi perpustakaan itu berjumlah lebih dari 400.000 buku. Observatorium itu menjadi pusat penelitian astronomi dan matematika pada waktu itu.


 (sumber: Enseklopedi bocah muslim)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibnu Yunus

Ibnu Yunus (950 -1009 M) adalah salah seorang ilmuwan Muslim yang namanya diabadikan pada sebuah kawah di permukaan bulan. Tentu bukan tanpa sebab International Astronomical Union (IAU) mengabadikan nama sang astronom di kawah bulan. Lewat adikaryanya al-Zij al-Hakimi al-kabir, Ibnu Yunus dipandang telah berjasa menyusun sebuah tabel yang sangat akurat. Sejatinya, Ibnu Yunus bernama lengkap Abu al-Hasan Ali abi Said Abd al-Rahman ibnu Ahmad ibnu Yunus al-Sadafi al-Misri. Ia adalah astronom agung yang terlahir di negeri piramida, Mesir. Sayangnya, sejarah kehidupan masa kecilnya nyaris tak ditemukan. Para sejarawan terbagi dalam dua pendapat soal tahun kelahiran sang ilmuwan. Sebagian kalangan meyakini Ibnu Yunus lahir pada tahun 950 M dan ada pula yang berpendapat pada 952 M. Ibnu Yunus terlahir di kota Fustat, Mesir. Pada saat masih belia, sang astronom legendaris itu menjadi saksi jatuhnya Mesir ke genggaman Dinasti Fatimiyah. Kekhalifahan yang menganut aliran Syiah itu

Pengalaman menggunakan Speedy Instan

Lama tak jumpa kawan-kawan :D kali ini saya mau bagi-bagi pengalaman menggunakan Speedy Instan @wifi.id Tentang Speedy Instan        Apa itu Speedy Instan ?  Speedy Instan   adalah layanan Speedy dengan koneksi "normally open" yang dipasang pada pelanggan yang mengikuti program Broadband Ready        Pelanggan dapat menggunakan layanan Speedy setiap saat sesuai kebutuhan (pay as you use = PAYU) tanpa abonemen bulanan. Dengan sebelumnya TELKOM melakukan instalasi Speedy terlebih dahulu terhadap jaringan hingga instalasi modem di sisi pelangan dengan kondisi siap digunakan untuk koneksi internet. Tapi lewat wifi.id juga bisa loh :3 Pengalaman Menggunakan Speedy Instan        Sebenernya, bisa dibilang saya ini internet addict, 1 hari gak internetan itu rasanya berat banget (T^T) Yah karena banyak faktor yang membuat saya membutuhkan internet murah , beberapa diantaranya adalah: 1. Tugas Sekolah 2. Update Status :v 3. Gak punya pacar (T^T) *forever alone 4

Khiyar dalam jual beli

*Pengertian Khiar dalam jual beli        Khiyar menurut bahasa berarti memilih. menurut syariat adalah memilih apakah akan meneruskan jual beli / menunda jual beli / tidak jadi jual beli(bahasa saya). Misalnya si pembeli membeli barang dari si penjual secara online, eh pas datang barangnya, ternyata barangnnya cacat, nah barang itu bisa di kembalikan/jual belinya dibatalkan. kalo masih kurang jelas ni contoh2 contohnya: pembeli = bang tas yang itu berapaan bang? penjual = 80 ribu pembeli = bang tas yg itu jangan dulu di jual ya bang nanti saya pikir2 dulu di rumah(berapa batas waktunya? kita bahas di postingan ini) penjual = ya bu nah kalau sudah di pesan seperti itu maka si penjual tidah boleh menjual tas yg di liat oleh si pembeli itu.   Masih kurang jelas juga?? nih contoh ke tiga pembeli = bang itu pisang berapaan penjual = 3 ribu satu ikat (ngasal) pembeli = bisa di kurangin jadi 2.500 (gasal) penjual =gx bisa bu, paling juga 2.900 (gasal) pembeli = wah kemaha