Langsung ke konten utama

Apel is BAIK Buat Gigi!

Banyak e-mail yang masuk ke inbox doktergigigaul yang menanyakan soal berita yang baru-baru ini menyeruak di masyarakat, mengenai “Mengunyah Apel Berefek Lebih Buruk Dari Mengkonsumsi Softdrink Terhadap Kesehatan Gigi“. Soalnya baru beberapa saat yang lalu, doktergigigaul menjelaskan, bahwa apel baik untuk “memutihkan” gigi yang kusam. Sebenernya, apel tuh baik buat gigi apa enggak sih?

     Berikut ini fakta yang sebenarnya ada.
     Penelitian yang dilakukan tersebut pada awalnya bertujuan untuk mengetahui hubungan kerusakan gigi seseorang dengan pola makanan yang dikonsumsinya. 
     Kebetulan, penelitian tersebut menghasilkan temuan, bahwa orang yang mengkonsumsi apel mengalami kerusakan enamel dibandingkan dengan kelompok yang biasa mengkonsumsi minuman berkarbonasi.
tuh kan, giginya bagus-bagus aja makan apel?
     Maka, dilakukanlah penelitian lebih lanjut terhadap apel ini.
     Penelitian lanjutan ini mengatakan bahwa apel memiliki kandungan gula  setara dengan empat sendok teh per butir apel. Secara logika, gula adalah salah satu diet yang bisa merusak gigi. Jadi berkembanglah pendapat bahwa apel “buruk” untuk gigi.
     Namun,  ada hal yang tidak diperhatikan lebih lanjut. Mengkonsumsi apel, buruk untuk gigi, dipengaruhi beberapa hal.
Misalnya makannya sambil nongkrong di pinggir jurang, atau makan apel sambil minum susu basi.
     Maap, intermezzo.
     
     Mengunyah apel terlalu pelan diyakini adalah salah satu penyebab buruknya konsumsi apel terhadap gigi. Karena semakin lama atau semakin pelan kita mengunyah apel berarti semakin lama gula bersemayam dan menempel di plak. 
     Tapi kalo kita mengunyahnya dengan kecepatan yang cukup, hal tersebut tidak akan terjadi. Habiskan apel yang sedang kita makan sesegera mungkin, untuk menghindari terpaparnya gigi oleh kandungan ‘gula’ di dalam apel terlalu lama.
     Kemudian, selama kita selalu menggosok gigi setelah mengkonsumsi apel [atau buah-buahan manis lainnya], gula yang ada akan segera terbersihkan dan tidak dapat menimbulkan masalah. 
Minimal berkumur-kumur dengan aer putih selama 10-15 detik.
     Kalau kamu masih ragu juga, konsumsilah apel dalm bentuk jus, dimana apel telah diencerkan oleh air, yang mengurangi kadar gula dan asam yang terkandung di dalamnya.
     Tapi, kalau kamu mengkonsumsi apel dalam bentuk jus, kamu malah akan kehilangan manfaat apel yang sesungguhnya baik untuk gigi.
     Apel, memiliki kandungan asam maleat, yang dapat membersihkan warna mahkota gigi yang kusam. Bila telah dicampur atau diencerkan dengan air maka kandungan ‘asam’ ini tidak lagi cukup untuk melaksanakan tugasnya dengan baik.
     Tapi jangan dibilangin ada asam yang baik buat gigi, langsung ngeyot botol cuka yang da di dapur. [jujur, ngebaca dan ngebayangin hal ini bikin mulut kamu penuh sama liur kan?]
     Kemudian apel memiliki tekstur buah yang renyah. Tekstur buah seperti ini dapat membantu proses pertumbuhan gigi pada anak-anak. Pijatan atau tekanan pada gusi selama mengkonsumsi apel akan merangsang gigi dewasa [permanen] pengganti gigi sulung [susu] untuk dapat erupsi [baca:tumbuh] dengan baik, minimal tepat waktu.
     Makanan dengan tekstur renyah ini juga membantu perkembangan tulang rahang untuk dapat berkembang dengan baik.
     Orang dengan mulut yang terlalu kecil, memiliki kemungkinan kurang mengkonsumsi makana yang bertekstur renyah seperti apel ini.
     Perlu diingat, tekstur buah apel yang renyah ini sama sekali gag berpengaruh terhadap renyahnya tawa kamu.
     Apel juga termasuk buah yang mengandung banyak air. Kandungan air yang terdapat pada apel juga dapat membantu fungsi air liur untuk membersihkan daerah yang sulit terbersihkan oleh sikat gigi. Daerah diantara dua gigi, daerah sela gigi bertumpuk dan lekukan gigi yang dalam adalah sekian dari daerah-daerah gigi yang dimaksud.
Jangan takut mengkonsumsi apel. Buah ini memiliki lebih banyak kebaikan daripada keburukan terhadap kesehatan gigi.  Asal, diimbangi dengan penjagaan kesehatan gigi yang baik dan benar. 
     Misalnya menyikat gigi setelah makan buah atau berkumur yang cukup. Atau dapat juga seperti yang disarankan oleh peneliti apel ini, yaitu dengan mengkonsumsi apel bersama-sama dengan keju atau dibarengi sambil minum susu.
     Satu-satunya kemungkinan mengkonsumsi apel ‘berbahaya’ itu, kalo makan apel sambil nelen pedang!
     Biasakan makan buah ‘apel’, jadikan gigi sehat, badan sehat dan kuat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibnu Yunus

Ibnu Yunus (950 -1009 M) adalah salah seorang ilmuwan Muslim yang namanya diabadikan pada sebuah kawah di permukaan bulan. Tentu bukan tanpa sebab International Astronomical Union (IAU) mengabadikan nama sang astronom di kawah bulan. Lewat adikaryanya al-Zij al-Hakimi al-kabir, Ibnu Yunus dipandang telah berjasa menyusun sebuah tabel yang sangat akurat. Sejatinya, Ibnu Yunus bernama lengkap Abu al-Hasan Ali abi Said Abd al-Rahman ibnu Ahmad ibnu Yunus al-Sadafi al-Misri. Ia adalah astronom agung yang terlahir di negeri piramida, Mesir. Sayangnya, sejarah kehidupan masa kecilnya nyaris tak ditemukan. Para sejarawan terbagi dalam dua pendapat soal tahun kelahiran sang ilmuwan. Sebagian kalangan meyakini Ibnu Yunus lahir pada tahun 950 M dan ada pula yang berpendapat pada 952 M. Ibnu Yunus terlahir di kota Fustat, Mesir. Pada saat masih belia, sang astronom legendaris itu menjadi saksi jatuhnya Mesir ke genggaman Dinasti Fatimiyah. Kekhalifahan yang menganut aliran Syiah itu

Pengalaman menggunakan Speedy Instan

Lama tak jumpa kawan-kawan :D kali ini saya mau bagi-bagi pengalaman menggunakan Speedy Instan @wifi.id Tentang Speedy Instan        Apa itu Speedy Instan ?  Speedy Instan   adalah layanan Speedy dengan koneksi "normally open" yang dipasang pada pelanggan yang mengikuti program Broadband Ready        Pelanggan dapat menggunakan layanan Speedy setiap saat sesuai kebutuhan (pay as you use = PAYU) tanpa abonemen bulanan. Dengan sebelumnya TELKOM melakukan instalasi Speedy terlebih dahulu terhadap jaringan hingga instalasi modem di sisi pelangan dengan kondisi siap digunakan untuk koneksi internet. Tapi lewat wifi.id juga bisa loh :3 Pengalaman Menggunakan Speedy Instan        Sebenernya, bisa dibilang saya ini internet addict, 1 hari gak internetan itu rasanya berat banget (T^T) Yah karena banyak faktor yang membuat saya membutuhkan internet murah , beberapa diantaranya adalah: 1. Tugas Sekolah 2. Update Status :v 3. Gak punya pacar (T^T) *forever alone 4

Khiyar dalam jual beli

*Pengertian Khiar dalam jual beli        Khiyar menurut bahasa berarti memilih. menurut syariat adalah memilih apakah akan meneruskan jual beli / menunda jual beli / tidak jadi jual beli(bahasa saya). Misalnya si pembeli membeli barang dari si penjual secara online, eh pas datang barangnya, ternyata barangnnya cacat, nah barang itu bisa di kembalikan/jual belinya dibatalkan. kalo masih kurang jelas ni contoh2 contohnya: pembeli = bang tas yang itu berapaan bang? penjual = 80 ribu pembeli = bang tas yg itu jangan dulu di jual ya bang nanti saya pikir2 dulu di rumah(berapa batas waktunya? kita bahas di postingan ini) penjual = ya bu nah kalau sudah di pesan seperti itu maka si penjual tidah boleh menjual tas yg di liat oleh si pembeli itu.   Masih kurang jelas juga?? nih contoh ke tiga pembeli = bang itu pisang berapaan penjual = 3 ribu satu ikat (ngasal) pembeli = bisa di kurangin jadi 2.500 (gasal) penjual =gx bisa bu, paling juga 2.900 (gasal) pembeli = wah kemaha