Langsung ke konten utama

Amarah

Assalamualaikum wr.wb.
Amarah adalah martabat nafsu yang paling rendah dan kotor di sisi hukum Allah untuk makhlukNya, segala yang terbit darinya adalah tindakan kejahatan yang merupakan dorongan sifat mazmumah (kecelaan), pada tahap ini hati nurani tidak akan memancarkan sinarnya karena akan terhijab oleh dosa, lapisan lampu makrifat redup terselimuti lumpur, bila dibiarkan terus hingga padam atau mencapai khatama (tertutup dan terkunci hatinya), tiada cara untuk mencari jalan menyucikannya lagi, karena itulah hatinya terus kotor dan diselaputi oleh pelbagai penyakit sampai akhir hayatnya, firman Allah:

'Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya' (QS Al-Baqarah: 10)

'Sesungguhnya nafsu amarah itu sentiasa menyuruh manusia berbuat keji (mungkar)' (QS Al-Baqarah: 169)

'Bahkan manusia itu hendak berbuat maksiat terus menerus' (QS Al-Qiyaamah: 5)

Dalam kesehariannya tiada pernah peduli pada hukum Allah, kejahatan sudah menjadi kebiasaan, tiada penyesalan, sering merasa bangga berbuat jahat, misalnya merasa berbangga, lega dan puas dapat merusak anak gadis orang, bangga dengan kehidupannya yang tiada teratur, mabuk, berjudi, pergaulan bebas dan meniru-niru kafirun, bahkan jadi lebih barat dari orang barat.

Bagi insan pada peringkat nafsu ini, konsep hidupnya adalah sekali, hingga kebutuhan utama hidupnya semata-mata untuk dinikmati sepuas-puasnya tanpa mengenal batas-batas, baik jahat adalah sama saja di sisinya, bahkan ia merasa betah dalam keadaan seperti ini sebab ia tiada mempercayai Alqur'aan, bahkan menganggap Alqur'aan sebagai suatu kebohongan yang diperuntukan bagi orang-orang yang bodoh dan dungu, sehingga ia merasa sempurna sebagai makhluk yang terjadi dengan sendirinya secara alami dan kebetulan hingga segala sesuatu yang ia peroleh diyakininya atas jerih payahnya sendiri,

Seperti firman Allah: 'Tidaklah engkau perhatikan orang-orang yang mengambil hawa nafsunya (amarah) menjadi tuhannya dan dia disesatkan oleh Allah kerana Allah mengetahui (kejahatan hatinya dan qadarnya) lalu Allah mengunci mati pendengarannya (telinga batin) dan hatinya dan ditutup penglihatannya (mata hatinya).' (QS Al-Jaatsiyah: 23)

“Maka apakah orang-orang yang dibukakan Allah hatinya untuk agama islam itu mendapat cahaya dari Tuhannya?

Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka yang telah membatu hatinya untuk mengingat Allah, mereka itu dalam kesesatan yang nyata.” (QS Az-Zumar: 22)

Ia bergembira bila menerima nikmat, tetapi berduka cita dan mengeluh bila tertimpa kesusahan, seperti firman Allah:

'Dan apabila Kami rasakan sesuatu rahmat kepada manusia, nescaya mereka gembira dengan rahmat itu, dan apabila mereka ditimpa suatu musibah (yang mereka sangka) akibat kesalahan tangan mereka sendiri, lantas mereka berputus asa.' (QS Ar-Ruum: 36)

Mereka tiada pernah takut pada Allah dan hari pembalasan, mereka tidak pernah peduli dengan ancaman Allah seperti: 'Akan dicampakkan ke dalam neraka jahanam dari golongan jin dan manusia yang mempunyai hati tiada memperhatikan, mempunyai mata tiada melihat, mempunyai telinga tiada mendengar, Mereka itu adalah binatang dan lebih hina dari itu kerana mereka termasuk di dalam golongan yang lalai' (QS Al-A’Raaf: 179)

Dalam konteks penerimaan ilmu, orang yang bernafsu amarah hanya digerakan dalam berupaya menerima ilmu diperingkat ilmu kalam seperti filsafat-filsafat yang ia sangka sebagai hakikat, dan cenderung mementingkan soal-soal lahiriah dunia sahaja, tiada minat kepada pelajaran agama dan hari akhirat yang sebenarnya.

Pada peringkat ini dikhabarkan tiada peluang sama sekali untuk menerima ghaib dan ilmu hakikat selagi hatinya kotor dan hatinya tiada di gerakan pada berkehendak untuk disucikan dengan pembersihan zikrillah yang mempunyai wasilah dengan Rasulullah SAW.

Untuk membebaskan diri dari cengkaman nafsu ini (secara thobi'at yang dikhabarkan Allah melalui RasulNya) disandarkan pada jalan wasilah ilmu Allah melalui Rasulullah SAW dengan menerima pengajaran dari ahli zikir yaitu guru mursyid ('Sin' yang mengandung 'Mim') yang dapat memberikan petuah-petuah penyucian diri dan penyucian jiwa yang mempunyai mata rantai ilmu waris dengan Rasulullah SAW. Sabda Rasulullah SAW:

'Tiap sesuatu ada alat penyucinya dan yang menyuci hati ialah zikir kepada Allah '

'Sesungguhnya syaithon itu telah menaruh belalainya pada hati manusia, maka apabila manusia itu berzikir kepada Allah, maka mundurlah syaithon, dan apabila ia lupa maka syaithon itu menelan hatinya'
sumber : www.facebook.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibnu Yunus

Ibnu Yunus (950 -1009 M) adalah salah seorang ilmuwan Muslim yang namanya diabadikan pada sebuah kawah di permukaan bulan. Tentu bukan tanpa sebab International Astronomical Union (IAU) mengabadikan nama sang astronom di kawah bulan. Lewat adikaryanya al-Zij al-Hakimi al-kabir, Ibnu Yunus dipandang telah berjasa menyusun sebuah tabel yang sangat akurat. Sejatinya, Ibnu Yunus bernama lengkap Abu al-Hasan Ali abi Said Abd al-Rahman ibnu Ahmad ibnu Yunus al-Sadafi al-Misri. Ia adalah astronom agung yang terlahir di negeri piramida, Mesir. Sayangnya, sejarah kehidupan masa kecilnya nyaris tak ditemukan. Para sejarawan terbagi dalam dua pendapat soal tahun kelahiran sang ilmuwan. Sebagian kalangan meyakini Ibnu Yunus lahir pada tahun 950 M dan ada pula yang berpendapat pada 952 M. Ibnu Yunus terlahir di kota Fustat, Mesir. Pada saat masih belia, sang astronom legendaris itu menjadi saksi jatuhnya Mesir ke genggaman Dinasti Fatimiyah. Kekhalifahan yang menganut aliran Syiah itu

Pengalaman menggunakan Speedy Instan

Lama tak jumpa kawan-kawan :D kali ini saya mau bagi-bagi pengalaman menggunakan Speedy Instan @wifi.id Tentang Speedy Instan        Apa itu Speedy Instan ?  Speedy Instan   adalah layanan Speedy dengan koneksi "normally open" yang dipasang pada pelanggan yang mengikuti program Broadband Ready        Pelanggan dapat menggunakan layanan Speedy setiap saat sesuai kebutuhan (pay as you use = PAYU) tanpa abonemen bulanan. Dengan sebelumnya TELKOM melakukan instalasi Speedy terlebih dahulu terhadap jaringan hingga instalasi modem di sisi pelangan dengan kondisi siap digunakan untuk koneksi internet. Tapi lewat wifi.id juga bisa loh :3 Pengalaman Menggunakan Speedy Instan        Sebenernya, bisa dibilang saya ini internet addict, 1 hari gak internetan itu rasanya berat banget (T^T) Yah karena banyak faktor yang membuat saya membutuhkan internet murah , beberapa diantaranya adalah: 1. Tugas Sekolah 2. Update Status :v 3. Gak punya pacar (T^T) *forever alone 4

Khiyar dalam jual beli

*Pengertian Khiar dalam jual beli        Khiyar menurut bahasa berarti memilih. menurut syariat adalah memilih apakah akan meneruskan jual beli / menunda jual beli / tidak jadi jual beli(bahasa saya). Misalnya si pembeli membeli barang dari si penjual secara online, eh pas datang barangnya, ternyata barangnnya cacat, nah barang itu bisa di kembalikan/jual belinya dibatalkan. kalo masih kurang jelas ni contoh2 contohnya: pembeli = bang tas yang itu berapaan bang? penjual = 80 ribu pembeli = bang tas yg itu jangan dulu di jual ya bang nanti saya pikir2 dulu di rumah(berapa batas waktunya? kita bahas di postingan ini) penjual = ya bu nah kalau sudah di pesan seperti itu maka si penjual tidah boleh menjual tas yg di liat oleh si pembeli itu.   Masih kurang jelas juga?? nih contoh ke tiga pembeli = bang itu pisang berapaan penjual = 3 ribu satu ikat (ngasal) pembeli = bisa di kurangin jadi 2.500 (gasal) penjual =gx bisa bu, paling juga 2.900 (gasal) pembeli = wah kemaha